Minggu, 13 Desember 2009

Jangan Mudah Marah

Marah merupakan manifestasi kesedihan dan kesombongan. Orang yang sedang marah terlihat dari respon anggota tubuhnya seperti tangan gemetar, muka memerah, dan jantung berdebar kencang. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa orang yang sedang marah pada hakikatnya membebani otak, pembuluh darah, dan jantungnya dengan beban yang berat. Kemarahan yang berulang-ulang menunjukkan bahwa pelakunya menderita penyakit hati dan beresiko terserang tekanan darah tinggi, stroke, depresi, penyakit saraf pusat, penyakit jantung, dan vertigo.
Rasulullah SAW bersabda, “Marah adalah dari setan dan setan dari api, padamkanlah kemarahanmu dengan berwudhu.” Beliau juga mengajarkan agar ketika kita marah dalam keadaan berdiri, hendaklah segera duduk, jika sedang duduk, hendaklahberbaring. Bacalah istighfar karena marah merupakan gabungan antara sombong dan sedih. Obat sombong adalah istighfar, lalu berwudhulah sesuai anjuran Nabi SAW.
Terdapat enam jenis emosi yang jika terjadi dalam waktu yang lama dapat membahayakan kesehatan. Gejolah emosi berupa marah berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung. Takut yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit depresi. Cemas yang berlebihan mengancam ginjal. Sedig berlebihan dapat menyebabkan sakit pada paru-paru. Gembira berlebihan dapat menyulut penyakit jantung. Malu yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit maag dan liver.(Dr,M. Toha Ali Asseqaf,cara sehat ala rosulullah)

Enter your email address:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar